Anti Sinyal, Anti Kemajuan?

Dewasa ini, keberadaan kita dikepung oleh berbagai gelombang radio berfrekuensi tinggi. Tak hanya di kota besar namun hingga pedesaan yang digunakan untuk berbagai hal. Pada umumnya, gelombang frekuensi tinggi ini tak terdeteksi (atau terdengar manusia) namun kadang kala manusia juga bisa terganggu. Sinyal-sinyal (yang menggantikan peranan kabel) ini dalam kenyataannya bisa membantu atau merusak peralatan di sekitar kita pula.

Misalnya pada saat televisi atau peralatan elektronik lama terkena sinyal kuat ponsel saat ada SMS atau panggilan masuk. Kita semua (juga Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya) yang kesehariannya bersinggungan dengan ponsel pasti pernah mengalami ini. Namun gangguan ini telah ada solusinya yakni ferrite bead yang telah ada pada kabel charger laptop atau elektronik (televisi) baru.

Sinyal kabel wifi saat ini ada di mana-mana. Termasuk taman, restoran, warungkopi dsb. Yang tampak ini adalah pada Parque, Meksiko. sumber: commons.wikimedia.org/ProtoplasmaKid

Tentang gangguannya terhadap manusia, memang ada beberapa orang yang super-sensitif terhadap gelombang radio nirkabel ini. Efek yang ada bisa sakit kepala, sulit berkonsentrasi, serta keringat berlebihan. Seperti yang tertulis pada referensi Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya berikut: http://tekno.liputan6.com/read/2123447/nenek-72-tahun-habiskan-rp-77-juta-demi-blokir-sinyal-wifi. Dalam artikel tersebut ditulis lebih dalam ketimbang yang terbaca pada judulnya yakni bukan hanya sinyal WIFI saja yang mengganggu, tetapi bisa dari gelombang tinggi dari berbagai macam perangkat elektronik. Nenek tersebut menggunakan lapisan cat anti-radiasi yang jelas lebih mahal dari cat biasa. Di masa lalu kita mungkin kerap menjumpai larangan menelepon atau menggunakan headset yang terhubung ponsel lama-lama karena dapat menyebabkan kanker otak. Sedangkan efek lainnya bisa semacam radang pada telinga yang tentu akan bisa menjadi sangat serius bila dilanjutkan.

Dan sinyal WIFI sendiri adalah salah satu sinyal nirkabel yang umum kita jumpai dalam hubungannya dengan koneksi internet. Di Kota Pahlawan tempat markas Sewa Rental Mobil Pregio di Surabaya ini sendiri, ada banyak warung dengan fasilitas WIFI-nya yang tersebar pada hampir seluruh penjuru kota. Hanya, regulasi di negara kita kurang begitu ‘peka’ terkait dengan hak masyarakat umum atau khusus; jadi solusinya rasanya memang dibebankan pada pihak masyarakat yang bersangkutan.
Lagipula meski ada regulasinya pun, banyak orang yang masih mendapati penegakannya tergolong setengah-setengah. Mungkin kasusnya mirip dengan berita nenek 72 tahun tadi yang harus mencari solusinya sendiri. Padahal selain dari yang disebutkan tadi, disinyalir ada banyak efek buruk dari WIFI bagi kesehatan. Resiko-resiko tersebut bisa dibaca pada artikel berikut: http://www.jurnalweb.com/bahaya-wifi-bagi-kesehatan-tubuh-anda/. Sinyal WIFI sendiri rasanya cukup kuat bahkan bisa dipotret dengan bantuan sensor khusus. Beritanya bisa dibaca pada artikel berikut: http://tekno.kompas.com/read/2016/12/06/07420027/sinyal.wi-fi.bisa.difoto.ini.penampakannya. Dengan teknik yang sama, kemungkinannya penderita bisa menghindar atau menjauh dari lingkungan sinyal WIFI ini.

Pada tautan lain, Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya juga mengetahui ada kota tanpa gelombang WIFI atau alat transmisi radio karena akan menyebabkan gangguan perangkat teleskop untuk keperluan antariksa. Artikel beritanya bisa dibaca pada laman berikut: http://tekno.kompas.com/read/2015/06/22/13561257/WiFi.dan.Ponsel.Dilarang.di.Kota.Ini. Bagi penderita yang sensitif terhadap radiasi, maka kota tersebut bisa jadi adalah surga dunia.

Sementara larangan yang terus berlangsung dan paling umum dijumpai Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya (atau barangkali kita semua) adalah larangan penggunaan ponsel di berbagai SPBU. Larangan ini bukannya tanpa sebab karena sinyal ponsel yang kuat dapat menyebabkan percikan pada bahan bakar yang dituangkan. Beberapa kali Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya mengetahuinya dari video yang beredar pada media sosial. Jika kita mencari akun yang sering memutar video CCTV pada youtube mungkin akan menemukan salah satunya. Misalnya seperti pada video berikut:

Meski kita juga mengetahui memang ada cacat produksi pada salah satu pabrikan ponsel baru-baru ini yang dapat mengakibatkan meledak saat penggunaan atau charging baterai. Dan kita juga mengetahui larangan penggunaan ponsel di bandara atau saat bepergian di dalam pesawat.

Sinyal gelombang radio merupakan produk kemajuan teknologi, namun kita juga harus mencermati ada hal-hal khusus yang terkait dengan sinyal ini dan bisa sangat sensitif bagi beberapa orang. Sementara setiap pekerjaan di Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya agaknya membutuhkan persinggungan dengan perangkat komunikasi ini meski bukan termasuk layanan transportasi online via aplikasi. Bila seseorang mempunyai gejala-gejala yang diakibatkan oleh sinyal gelombang radio seperti yang telah dibahas, besar kemungkinan seseorang tersebut tidak cocok bekerja di Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat.