Mobil dan Dealer

Mobil dan dealer adalah dua hal berbeda yang saling terkait. Istilah dealer sendiri berarti “suatu badan atau perorangan yang bertugas sebagai tangan distribusi dari produsen kepada konsumen. Pada perdagangan umum disebut juga sebagai agen penjualan, tetapi pada perdagangan saham atau valuta asing, disebut sebagai broker“, seperti yang dikutip Sewa Mobil Murah di Surabaya dari laman wikipedia. Jadi, kita akan menemukan dealer atas berbagai macam produk; hanya banyak masyarakat kita yang asosiasinya akan mengacu pada bidang otomotif atau elektronik saja jika berhadapan dengan kata ‘dealer‘ ini.

Ilustrasi dealer mobil, yang terletak di Inggris. sumber: commons.wikimedia.org/rept0n1x

Ilustrasi dealer mobil, yang terletak di Inggris. sumber: commons.wikimedia.org/rept0n1x

Di Indonesia, ada istilah agen tunggal yang menguasai satu merek secara monopoli. Ada pula agen resmi, yang biasanya hanya berjualan satu merek atau hanya dari satu produsen saja. Berbeda dengan agen tunggal, ada beberapa agen berbeda yang ditunjuk khusus untuk memasarkan produk dari produsen tadi. Menjadi rekanan dan dealer dari sebuah merek pun biasanya dibutuhkan komitmen dan syarat khusus, dan akan menjadi prioritas bila telah mempunyai pengalaman atau menguasai bidang spesifik tertentu sesuai bidang produsen, jika agen pabrikan otomotif pun mungkin diharuskan mempunyai wawasan dalam otomotif. Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya menemukan bahwa agen resmi inipun terkadang tidak dibatasi satu atau dua dalam wilayah Indonesia, tetapi mungkin juga ada pembatasan dalam satu area tertentu agar tidak saling menerkam.

Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya sendiri tidak terpaku pada satu dealer tertentu pada setiap pembelian armada yang nantinya akan digunakan untuk operasional. Semuanya berkaitan dengan pelayanan dan purna jualnya karena Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya pernah merasa ditipu oleh satu dealer dalam melakukan pembelian. Tapi, dari semua pengalaman tidak enak ini Rental Mobil di Surabaya malah semakin memantapkan pelayanan kepada tamu agar konsumen yang menjadi pelanggan ini bisa melakukan order ulang jika membutuhkan jasa rental mobil + sopir, karena penipuan atau pengalaman ini sungguh tidak enak dijalani bahkan perlu dihindari terjadi lagi suatu saat.

Masih tentang dealer, beberapa waktu lalu Rental Mobil di Surabaya Barat menemukan satu tema berita (di berbagai situs) yang menyebutkan kekecewaan beberapa dealer resmi tentang penutupan operasional dan dealership sebuah merek otomotif Amerika hingga timbulnya somasi dan penuntutan ganti rugi karena hilangnya potensi pendapatan hingga milyaran perbulan. Belum lagi para dealer ini harus memberhentikan karyawannya karena operasionalnya terhenti di tengah jalan (aturan di Indonesia harus memberi pesangon).
Selain itu, Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya berpikir masih ada hal lain di atas semuanya yakni kepercayaan. Bagaimanapun, dalam mencari suatu barang banyak orang masih mementingkan layanan purna jual terkait kerusakan atau apapun yang menimpa produk yang dia beli. Mungkin untuk berkonsultasi dalam melakukan modifikasi atau hal lain. Suatu dealer pun terkadang bisa dipercaya untuk urusan pemeliharaan jika kebetulan juga mempunyai bengkel servis selain divisi penjualan. Konsumen yang tidak tahu-menahu tentang perkembangan terbaru dunia otomotif ini bisa menuduh dealer ingkar terhadap apa yang sudah dibelinya. Bisa jadi kepercayaan terhadap dealer tersebut surut jika kemudian memutuskan untuk beralih ke merek lain walaupun kita tidak ingin hal tersebut terjadi.

Beralih ke hal lain, ada sebuah dealer tua yang memutuskan membuka dan melelang koleksinya. Anda bisa membaca referensi beritanya pada tautan berikut: http://www.otosia.com/berita/dealer-tua-buka-lagi-mobil-mobil-yang-dijual-sungguh-menakjubkan.html; Tidak diketahui kelanjutan apakah ada yang berminat atas koleksinya, tetapi Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya banyak menjumpai berita tentang ambisi seorang kolektor saat menemukan barang langka. Jika memang tertarik, kolektor tersebut bisa menawar jauh lebih tinggi dari harga pembukaan awal. Namun bila memang benar akan demikian pastinya dealer tersebut akan menangguk keuntungan yang lumayan, setelah menghitung inflasi yang terjadi di masa sekarang karena di masa lalu bandrol sebuah mobil hanya dalam kisaran ratusan dolar; tetapi sekarang sebuah mobil bisa berada di kisaran ribuan dolar. Tapi tentunya perhitungan ini tercapai hanya jika mobil-mobil itu laku.