Mengambil Contoh Nyata

Seorang Rhenald Khasali Guru Besar Fakultas Ekonomi UI pernah menanyakan apakah jargon masih menjadi satu hal yang efektif dewasa ini. Untuk sementara memang iya, tapi apakah memang efektif pula untuk jangka panjang? Tapi sebelumnya, apakah jargon tersebut? Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya mengutipnya dari KBBI, Jargon (nomina/kata benda) adalah kosakata khusus yang digunakan dalam bidang kehidupan (lingkungan) tertentu. (http://kbbi.web.id/jargon). Biasanya jargon ini adalah ajakan atau pendorong bagi masyarakat. Jargon ini mirip dengan motto, tagline, slogan dan semboyan, lihat referensi berikut: http://www.komunikasipraktis.com/2014/12/pengertian-slogan-tagline-jargon-moto-visi-misi.html. Kosakata dan kalimat tadi berperan penting dalam menggiring masyarakat, khususnya dalam melakukan suatu tindakan atau bahkan mengubah perilaku.

Apakah hubungannya dengan Rental Sewa Mobil Surabaya?
Secara mendasar, Sewa Mobil Avanza di Surabaya mempunyai taglineWe Serve the Best” yang tak akan berarti apa-apa tanpa adanya bukti nyata di lapangan. Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya memang berusaha sebaik-baiknya yang bisa diberikan, tidak hanya dalam hal pelayanan; tetapi juga memberi teguran/sanksi kepada sopir serta karyawan yang melakukan pelanggaran atau penyimpangan. Ini dilakukan untuk menjaga sistem yang diterapkan oleh Sewa Mobil Elf di Surabaya tetap berjalan dengan baik.

Kecelakaan mobil dekat rel KA. Image: commons.wikimedia.org/Metropolitan Transportation Authority of the State of New York

Contoh lain dari apa yang dijabarkan ini ada pada industri rokok. Jika kita mengingatnya, segala ajakan telah digalakkan pemerintah dan LSM kepada para perokok untuk mengurangi konsumsi rokoknya demi kesehatannya sendiri maupun orang lain yang berada di sekitarnya. Tapi, sejauh pemerintah menggencarkan larangan merokok di tempat-tempat umum hingga adanya kalimat disetiap bungkus rokok dan iklan di jalan-jalan, “Merokok Membunuhmu”; para perokok tersebut agaknya masih adem-ayem saja seperti tak menganggap rokok adalah sesuatu yang berbahaya. Sampai akhirnya pemerintah mengeluarkan fatwa bahwa harus ada gambar akibat dari rokok semacam terkena kanker tenggorokan, paru-paru dan lain-lain.

Meski terlihat tidak diindahkan, tapi Sewa Mobil Pregio di Surabaya masih menjumpai para perokok yang berusaha berhenti karena melihat gambar seram tersebut. Di sisi lain, peran selebritis macam penyanyi Inggris Adele yang berusaha menghentikan rokok pun bisa menginspirasi banyak penggemarnya dan orang lain untuk mengikuti langkah serupa. Rental Mobil Innova di Surabaya sendiri masih berusaha untuk menghindarkan interior mobil terkena asap rokok seperti ini. Karena tidak mungkin melarang seorang sopir atau calon sopir untuk merokok sepanjang dia tidak merokok di dalam mobil dan di hadapan tamu. Mungkin hal itu juga adalah cara sopir tersebut untuk rileks.

Mobil yang terbakar karena suatu sebab yang tak diketahui. Bisa jadi karena kelalaian manusia, meski bisa juga karena faktor lain. Image: commons.wikimedia.org/Wing-Chi Poon

Dan, berhubungan dengan pengguna jalan seperti sopir atau pejalan kaki…
Sewa Mobil Livina di Surabaya baru-baru ini mendapat kiriman video di laman media sosialnya yang berisi berbagai kecelakaan lalu-lintas akibat sibuk berponsel atau mengirim pesan, yang bisa dibuka dari url berikut: https://www.facebook.com/funkyouentertainment/videos/442007389257212/.
Tentang kecelakaan tersebut memang terlihat mengerikan; dan dibanyak kesempatan, adegan serupa ini disensor untuk kenyamanan pengunjung internet disebabkan mengandung kekerasan. Tapi rupanya sisi yang lain juga dipertimbangkan, mengingat semakin maraknya orang berjalan sambil menggunakan ponselnya hingga mengabaikan konsentrasi dari sekelilingnya.

Seringkali kita melihat himbauan dan peringatan yang tak digubris oleh banyak pembaca karena merasa tidak akan seperti itu, atau hal itu adalah suatu kebetulan saja. Banyak anak-anak yang belum terlalu memahami dunia luar seyogyanya dilarang untuk menggunakannya. Tak hanya anak-anak, orangtua atau dewasa pun bisa juga ceroboh dalam penggunaan ponsel ini. Lagipula, penelepon (jika memang dia dihubungi) pun pada umumnya tak mengetahui posisi lawan bicaranya. Jadi bukti mengerikan tersebut mungkin disebarkan supaya lebih memberi efek jera pada banyak orang yang tak mengindahkan peringatan yang tertulis dengan gambar tadi.

Untuk mereka yang sadar, Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya pun berpikir bahwa membaca tulisan saja sudah cukup mengingatkan dan tak perlu embel-embel sanksi lagi. Tetapi bagi mereka yang bandel, agaknya video tersebut mempunyai efek kejut yang bisa memaksa penontonnya berpikir ulang akan kebiasaan yang dilakukannya. Sanksi pun agaknya hanya sebagai pengingat bahwa kebiasaan tersebut juga membahayakan bagi orang lain. Bukankah aturan dibuat untuk kenyamanan bersama?

Beberapa pertanyaan sebagai penutup, apakah kita juga harus menyaksikan gambar/video akibat orang yang tak memakai helm saat naik motor atau tak mengenakan sabuk pengaman? Karena ada banyak sela keamanan di dunia ini terkait banyak hal maka kemungkinannya akan ada banyak video yang harus ditonton untuk mereka yang bandel. Apakah harus menunggu orang lain yang cedera atau bahkan meninggal lebih dulu?