Suka Hewan? Boleh Juga bila bersama Sewa Mobil Surabaya!

Anda suka ke kebun binatang untuk melihat satwa? Banyak orang menyukainya. Mereka bisa menghibur, serta sekaligus mengingatkan kita akan karunia Sang Pencipta: manusia kan tidak diciptakan sendirian di bumi ini ^_^

Ketika kita berada di kebun binatang, rasanya seakan kita masuk ke dalam rerimbunan hutan; karena nuansanya yang memang diatur menyerupai habitat asli hewan tersebut. Keuntungannya, kita bisa menyaksikan tingkah polah para hewan yang mungkin bisa menginspirasi kita kepada sesuatu. Sewa Mobil di Surabaya menemukan berbagai inovasi dan penemuan terkait dengan hewan atau alam dalam arti luas. Misalnya saja, ada perangkat buatan manusia yang mirip dengan capung: https://www.youtube.com/watch?v=TDuvBurbjVU. Sementara itu juga ada desain mobil yang jelas terinspirasi dari alam: https://www.youtube.com/watch?list=PLEA09FAFFE6BC49C8&t=13&v=vBHvsxDHwBE. Bagian velgnya pun terlihat mirip dengan percabangan pohon dengan banyak bagian bodi yang menyerupai kontur pegunungan atau pola-pola pada perbukitan. Dan beberapa lekuk bodi merek mobil sport terkenal pun mirip dengan alat pernafasan pada ikan hiu atau rumah lebah. Tak ketinggalan, pada bidang arsitektur pun kita bisa melihat stadion sarang burung yang digunakan untuk olimpiade di China beberapa waktu lalu. Hal ini membuat kita semakin sadar bahwa ada ‘desain alam’ yang bisa menginspirasi kita dalam menciptakan sesuatu.

Twin’Z, desain mobil yang terinspirasi dari alam. Foto: www.aedve.info.

Di Jawa Timur, setidaknya terdapat lima kebun binatang yang tersebar di berbagai kota; ada sebuah, berada satu kota dengan Rental Mobil di Surabaya yaitu KBS (Kebun Binatang Surabaya) yang kerap jadi berita media terkait kematian banyak satwa. Tapi sesungguhnya kita juga bisa memahami bahwa iklim dan alam telah berubah. Surabaya makin padat oleh kendaraan yang memacetkan jalan-jalan meski tak separah Jakarta. Mau tak mau, meski kebun binatang tersebut dikondisikan mirip hutan dengan pepohonan yang rindang pun agaknya tak bisa menjadi alasan membendung pembangunan (atau polusi) yang pesat di sekelilingnya.

KBS yang bisa ditempuh sekitar empat puluh menit perjalanan dari markas Sewa Mobil Surabaya kala lalu lintas normal ini adalah kebun binatang yang besar dengan koleksi yang banyak hingga konon dijuluki kebun binatang terbesar di Asia Tenggara di masa lalu. Tapi kini, julukan ini entah masih relevan atau tidak karena pengunjung memiliki pilihan kebun binatang lainnya di berbagai kota, meski masih menjadi rujukan banyak pendidik sekolah dasar atau prasekolah dalam mengenalkan satwa kepada siswa-siswinya. Beberapa koleksi hewannya pun dioper ke kebun binatang lain guna perawatan yang lebih baik. Salah satunya adalah Taman Satwa Banyuwangi: http://news.liputan6.com/read/605886/taman-satwa-banyuwangi-dapat-hibah-67-hewan-dari-kbs. Namun dari semuanya, suasana hutan dan rindang dalam KBS pun ternyata masih banyak diminati dan menjadi daya tarik warga kota Surabaya serta beberapa kota tetangga untuk melepas penat dari rutinitas kerja dan beraktivitas, apalagi saat liburan tiba yang ditandai oleh berjubelnya pengunjung ke sana—yang bisa jadi adalah karena faktor harga. Kalau kita membandingkan tarif masuk per-orangnya dengan wahana satwa lain di Jawa Timur, bisa jadi KBS adalah salah satu yang termurah selain Taman Satwa Banyuwangi.

Kebun Binatang Surabaya. Foto oleh Sakurai Midori/commons.wikimedia.org

Selain KBS dan Taman Satwa Banyuwangi, ada Mini Zoo di Lamongan yang terintegrasi dengan Goa Maharani dan Wisata Baharinya. Jarak tempuh dari pusat ibukota Jawa Timur sebagai markas Rental Mobil di Surabaya ke taman wisata ini adalah kurang lebih satu setengah jam. Letaknya berbukit-bukit, dan pastinya Anda akan menempuh jarak yang lumayan jika menyempatkan berkeliling jalan kaki ke seluruh fasilitas dan fitur wahana hiburan tersebut yang membuat kita ‘sedikit’ berolahraga. Belum lagi jika kita masuk melihat ke kandang harimau lewat jalur pengunjung yang berada di ketinggian serta mengitari Goa Maharani yang memang tidak datar. Atau jika Anda penggemar kucing pun ada rumah kucing yang menjadi satu fitur Wisata Bahari Lamongan, bukan menjadi satu dengan wahana Mini Zoo tadi. Jadi jika kita menyukai hewan pun agaknya harus melihat dan masuk ke keduanya (dengan ongkos yang dihitung khusus). Pulang dari sana pastilah akan sangat lelah. Namun jika Anda menggunakan armada Sewa Mobil Surabaya dengan sopir yang selalu setia mengantarkan Anda, hal ini tak akan menjadi masalah. Karena jika kita lelah tapi memaksa mengemudi, faktor kelelahan tersebut sangat mungkin akan menurunkan derajat konsentrasi.

Lain Mini Zoo di Lamongan, lain pula Secret Zoo yang terletak di Kotatif Batu. Secret Zoo adalah taman satwa yang dikelola oleh Jatim Park Grup dan terletak di kota dingin Batu. Waktu tempuh dari Surabaya adalah sekitar selama dua jam perjalanan ke daerah ini dalam kondisi lalu-lintas normal. Anda bisa berfoto bersama burung dan satwa lainnya. Jika Anda mempunyai waktu untuk mengunjungi website Jatim Park Grup (sebagai pengelola) sebelumnya, mungkin Anda juga bisa mendapatkan harga khusus jika memegang kartu kredit/kartu debet dari Bank yang pada saat itu sedang berpromo.

Dekat dengan Mini Zoo tersebut—kira-kira sejam perjalanan, ada Taman Safari di Prigen, Pasuruan. Di salah satu taman satwa milik PT Taman Safari Indonesia ini berbeda dengan lainnya, karena dalam melihat satwa di dalamnya diharuskan menggunakan mobil terutama bila melewati satwa karnivora ^_^ selain ada taman satwa dimana kita bisa berjalan kaki pula. Dari keterangan di situs Wikipedia, Taman Safari ini adalah Taman Safari terluas se-Asia.

Gapura Taman Safari Bali, yang merupakan Taman Safari ketiga di Indonesia setelah Taman Safari Cisarua-Bogor, Jawa Barat dan Taman Safari Pasuruan, Jawa Timur. Foto oleh: Walter Lim/commons.wikimedia.org

Yang jelas, tak bisa dan tak cukup waktu sehari untuk menyusuri dan menikmati semua wahana satwa tersebut. Jadi, yang perlu disiapkan pertama-tama adalah kesehatan serta tubuh yang fit. Kalau tidak fit, dikhawatirkan penyakit kita akan menulari—atau setidaknya berpengaruh, karena beberapa jenis penyakit manusia bisa berefek pada beberapa satwa selain bisa mempengaruhi kenyamanan pengunjung lainnya. Yang kedua adalah bekal yang cukup, karena kadang pengelola taman hiburan akan melarang Anda membawa makanan sendiri dari luar—meski itu bernuansa alam; selain berjaga bila ada kebutuhan tak terduga lainnya. Jika Anda sudah merasa siap, Anda pun bisa menelepon Rental Mobil Surabaya untuk menuju ke sana ^_^.