Memanasi Mesin Mobil

Memanasi mesin mobil ada gunanya?
Memanaskan mesin mobil telah menjadi kebiasaan beberapa orang yang berkaitan dengan perawatan mesin mobil. Di garasi Rental Mobil Surabaya, memanaskan mobil juga menjadi semacam ‘ritual’ yang tak boleh terlewat. Meski teknologi mobil semakin modern, pemanasan mobil ini masih dibutuhkan untuk sirkulasi oli pada mesin. Karena pada dasarnya, mesin membutuhkan oli untuk melumuri dan melindungi gesekan antar komponen saat kita berkendara. Pemanasan ini untuk membantu meratakan cairan oli membasahi setiap sudut mesin saat pada kondisi “ringan”, agar bila digunakan bisa meminimalisir “cedera” pada mesin saat dikendarai atau saat “bekerja lebih berat”.

Salah satu tampilan “dapur pacu” pada mobil. Image: CZMarlin/commons.wikimedia.org

 

Pada dasarnya, mobil membutuhkan sumber daya elektrik saat dinyalakan pertama kali, tidak seperti sepeda motor yang mempunyai kick starter manual. Jadi pada saat pemanasan, mobil mengambil listrik cukup besar dari aki untuk membuat mobil menyala. Hindari menyalakan AC atau audio yang akan mengurangi kinerja aki, bahkan akan membuat aki tekor (cepat aus). Kondisi aki ini akan kembali normal jika mesin telah berhasil menyala dan alternator akan mengisi kembali listrik pada aki tersebut secara perlahan. Saat inilah kita bisa menggunakan audio atau AC mobil.

Di Garasi Sewa Mobil Murah di Surabaya, setiap armada mobil pasti dipanaskan menjelang keberangkatan, dimana tahap pencucian dan pengecekan selalu menjadi prioritas pula. Pemanasan mobil tak lama, hanya sekitar 5 menitan; namun efeknya bisa merawat mesin lebih baik. Jika mobil Anda berteknologi mesin injeksi, pemanasan ini penting sekali; namun tidak boleh terlalu lama pula, agar menjaga suhu mesin dan kinerjanya tetap stabil saat dikendarai. Bila stabil artinya pembakarannya berjalan baik, dengan campuran udara-bahan bakar seimbang.

Bagaimana dengan penekanan pedal gas saat pemanasan mobil? Ada yang menyatakan bahwa penginjakan ini tidak perlu apalagi pada mobil dengan teknologi mesin injeksi (yang berimbas pada saat kegiatan pemanasan mobil), tapi bisa juga untuk mengusir air yang sekiranya masih bercokol pada pembuangan. Hanya saja, pastikan tak terlalu lama dan lepaslah pedal gas hingga mesin dirasakan stabil untuk menghemat bahan bakar pula. Di garasi Sewa Mobil Murah di Surabaya, sirkulasi udara yang bebas juga mengambil peran penting dalam hal pemanasan mobil ini, agar racun yang keluar dari pembuangan tidak bercokol di dalam ruangan. Bila Anda memanaskan mobil, hindari dalam ruangan tertutup; dan bila ini dilakukan pada garasi Anda, usahakan membuat ruangan terbuka agar udara bisa lebih sehat untuk dihirup. Lebih baik lagi bila Anda mengarahkan mobil ke dalam rumah sehingga pembuangannya (knalpot) bisa mengarah ke jalan.