Jalur Hijau di Jalan

Jalur Hijau. Apa artinya?
Menurut beberapa kamus online yang pernah Sewa Mobil Innova di Surabaya akses, yang dimaksud sebagai Jalur Hijau adalah daerah (tempat, lapangan) yang ditanami rumput dan tanaman perindang yang berfungsi menyegarkan hawa di kota; tidak boleh digunakan untuk bangunan, perumahan dan lain sebagainya.

Cukup informatif dan jelas. Tetapi akan sedikit ambigu ketika di sekitar kita ada pula istilah “Ruang Terbuka Hijau“. Ada yang berpendapat bahwa ‘Jalur Hijau‘ adalah bagian dari ‘Ruang Terbuka Hijau‘. Tetapi Ada pula yang beranggapan bahwa ‘Ruang Terbuka Hijau‘ adalah bagian dari ‘Jalur Hijau‘. Cukup membingungkan bukan? Penulis artikel ini saja sempat bingung :D.

 

Jalur Hijau di Perancis. Image: wiki commons

 

Bila kita melihat UU no. 26 tahun 2007-Tentang Penataan Ruang, dijelaskan banyak hal mengenai arti dan definisinya. Sebagai contoh pada Bab I Pasal I ayat 31: “Ruang terbuka hijau adalah area memanjang/jalur dan/atau mengelompok, yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang sengaja ditanam.”
Kemudian kita lihat pada pasal 29:
(ayat 1)Ruang terbuka hijau publik merupakan ruang terbuka hijau yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah kota yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara umum. Yang termasuk ruang terbuka hijau publik, antara lain, adalah taman kota, taman pemakaman umum, dan jalur hijau sepanjang jalan, sungai, dan pantai. Yang termasuk ruang terbuka hijau privat, antara lain, adalah kebun atau halaman rumah/gedung milik masyarakat/swasta yang ditanami tumbuhan.”
Masih pasal 29 (ayat 3)Proporsi ruang terbuka hijau publik seluas minimal 20 (dua puluh) persen yang disediakan oleh pemerintah daerah kota dimaksudkan agar proporsi ruang terbuka hijau minimal dapat lebih dijamin pencapaiannya sehingga memungkinkan pemanfaatannya secara luas oleh masyarakat.”

Terus dimana pembahasan artikelnya kalau meributkan definisi? Hehe… sabar… ^^
Here we go. Apapun definisi dan pengertian yang terkandung tentang ruang atau jalur hijau ini, yang pasti penanaman pohon sangat berfungsi di lingkungan tropis seperti Indonesia, dengan curahan sinar matahari yang banyak. Sewa Mobil Surabaya memantau, di Kota metropolitan seperti Surabaya ini saja telah banyak digalakkan penanaman pohon dan pembukaan area taman kembali mengingat efeknya sebagai paru-paru kota. Tak seperti di masa lalu, ketika beberapa kawasan kota dibangun untuk kepentingan bisnis seperti wilayah “Kebun bibit” dan beberapa daerah lain. Kawasan Hijau ini menjadi penting meski perawatannya kemudian juga menyerap biaya. Karena lahan hijau yang sarat dengan tanaman itu juga memberi efek segar (atau refreshing) di mata serta identik dengan kesejukan. Sopir Sewa Mobil Murah Surabaya pun sangat mungkin akan dilanda jenuh kerja bila disekitarnya gersang. Bagaimanapun, yang dihadapinya tiap hari adalah mesin, asap dan segala permasalahannya. Dimanapun terlihat daun atau pohon, akan terlihat pula kehidupan lainnya yang tak tampak.

Sewa Mobil Elf di Surabaya mengingat, ada pula solusi lain yang ternyata berkenaan dengan ‘penyajian kesegaran’ bagi mata ini meski menurut Sewa Mobil Murah Surabaya kurang efektif. Solusi lain ini adalah pengadaan bunga-bunga imitasi di perempatan dekat lampu merah di beberapa tempat. Mengapa Sewa Mobil Pregio di Surabaya menilai kurang efektif?
Kita tinjau dari segi ketahanan sebuah benda bernama plastik ini. Dalam rentang waktu tertentu, warna dan kekuatan bahan yang dihasilkan tentu akan terpengaruh oleh paparan sinar matahari yang panas. Bisa aus ataupun kusam. Sedangkan bila tumbuhan asli, tentunya akan bermanfaat ganda: bisa menyerap atau mengolah polusi (seiring tumbuhnya yang menyedot polusi lebih banyak), atau sebagai perindang dari terik karena kita bisa berteduh dibawahnya (bila berupa pohon), serta sebagai sarana refreshing bagi mata itu tadi sehingga mengurangi stres di jalan raya (bila berupa tanaman perdu atau bunga). Hanya saja kita juga perlu merawatnya macam menyirami atau memupukinya tiap hari, bahkan memangkasnya karena tanaman tersebut bisa bertumbuh tinggi atau panjang meski terlihat bagus.

Adanya kerimbunan di perkotaan justru membuat suasana semakin segar, dan membuat betah warga kota. Rental Mobil Avanza di Surabaya juga melihat taman-taman seperti Taman Bungkul atau Kebun Bibit selain Eco Park Mangrove Wonorejo juga menjadi sasaran warga melawan kepenatan keseharian. Bagaimanapun, ini merupakan bukti bahwa suasana rerimbunan pohon masih dicari warga kota dibanding jalan-jalan ke mall. Tapi tentunya juga melihat selera serta variasi solusi yang diambil oleh warga, bisa jadi pula karena kejenuhan melihat bangunan beton dan keramaian.

Tetapi terlepas dari itu semua, selayaknya Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya sebagai warga Surabaya mengapresiasi dan mendukung keinginan pemerintah kota untuk terus menggalakkan penghijauan dan kerindangan kota. Semakin banyaknya taman dibangun di titik-titik padat. Bahkan, Taman Bungkul Surabaya memperoleh predikat sebagai Taman Terbaik se-Asia 2013 karena memadukan sarana rekreasi, sosial, budaya dan pendidikan. Akan berbeda rasanya untuk setiap orang (pengendara atau pelanggan Sewa Mobil Murah Surabaya) mengamati rindangnya pepohonan di luar mobil dibandingkan melihat tambak-tambak garam atau daerah industri seperti melewati daerah utara Surabaya yang penuh dengan pergudangan.