Roadster Yang Terancam Bangkrut

Tipe mobil Roadster yang muncul karena perusahaan yang terancam bangkrut. Image: gtspirit.com

Tipe mobil Roadster yang muncul karena perusahaan yang terancam bangkrut. Image: gtspirit.com

Baru-baru ini kita dikejutkan oleh berita tentang ditutupnya salah satu perusahaan otomotif Jerman, Wiesmann yang memproduksi Roadster, mobil mewah dengan harga miliaran. Disini kita juga menanyakan tentang faktor ke”laris”an sebuah produk. Apakah terjual puluhan ribu untuk mobil yang berharga di bawah 0,5 M; ataukah hanya terjual diatas 50 biji untuk mobil yang berharga diatas 5 M. Semahalnya sebuah lambang prestise, konsumen di Indonesia masih banyak yang berpatokan pada beberapa hal untuk membeli sebuah barang yang bernama mobil.

1. Sistem perpajakan mobil tersebut.
Sebuah mobil yang kita beli biasanya mendapat pajak sekian persen dari harga jualnya. Ada peraturan baru untuk perpajakan mobil yang dihitung dari jenis, atau kapasitas silinder cc mobil. Besaran pajak baru (Pajak Penjualan atas Barang Mewah—PPnBM) ini tertuang pada PP Nomor 22 Tahun 2014 yang ditandatangani oleh presiden SBY pada tanggal 19 Maret 2014 dan mulai berlaku setelah 30 hari sejak dikeluarkan. Salah satu besaran pajaknya adalah 60% dan 125%. Karena itu sebuah kendaraan harus legal dan dapat ditelusuri kelengkapannya untuk masalah perpajakan ini.

2. Kegunaan.
Kegunaan tentunya berhubungan langsung dengan untuk apa mobil tersebut dibeli. Biasanya pembelian mobil sport adalah murni untuk prestise, sedangkan orang yang membeli MPV/SUV mempunyai faktor beragam. Antara lain untuk keluarga seperti alasan orang Indonesia pada umumnya, atau untuk disewakan seperti yang dilakukan Sewa Mobil Surabaya. Bisa juga untuk kendaraan dinas suatu perusahaan atau instansi swasta dan pemerintahan.

3. Suku Cadang dan Perawatan.
Tak setiap pengendara mobil adalah seorang ahli mesin, atau minimal cara perawatannya. Untuk sebuah mobil seperti Roadster ini sendirinya bisa jadi akan riskan dibandingkan dengan umumnya MPV yang dimiliki oleh Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya. Sekecil apapun, suatu kerusakan pada kendaraan akan berimbas langsung pada daya tahan mobil tersebut secara keseluruhan. Pengalaman Rental Mobil Murah di Surabaya menelaah bahwa kerusakan kecil suatu komponen kendaraan akan merambat ke komponen yang lain bila tidak segera diatasi.

Kerusakan/keausan komponen tersebut bisa jadi akan mengganggu kestabilan dan daya jelajah mobil. Akibatnya mungkin akan memberatkan kerja komponen mobil yang lain dan pastinya akan mempengaruhi lainnya. Ini pula yang menyebabkan Sewa Mobil Murah di Surabaya mempunyai teknisinya sendiri. Agar terbebas dari hal-hal aneh dan lebih dini mendeteksi bila terjadi apapun pada komponen mesin. Bahkan di Sewa Mobil Surabaya, pencucian dan perawatan dilakukan teratur.

Nah, karena tiap mobil adalah unik inilah yang menjadi pertimbangan juga bagi konsumen untuk membeli sebuah mobil. Selain mudah perawatannya. Meski menggunakan mesin BMW, pastinya Roadster juga punya hal unik yang membedakan ia dengan lainnya, apalagi dia termasuk kelas mewah yang diproduksi dalam jumlah terbatas. Jadi, jika Roadster mengeluarkan seri terbarunya yang lalu dijual murah; pembelinya akan bisa dipastikan terbatas pula. Bisa jadi hanya mereka yang benar-benar hobi otomotif dan tahu mesin saja yang akan tertarik. Karena suku cadangnya di masa akan datang akan sangat susah diperoleh.