Argo Kuda Taksi dan Rental Mobil

Sebagian besar masyarakat perkotaan pasti tak asing dengan istilah Taksi, Taxi, atau taxicab (Bahasa Inggris). Di Indonesia, Taksi menjadi salah satu angkutan umum bermotor yang banyak digunakan oleh masyarakat perkotaan, selain Mikrolet/Angkot, Bajaj (Jakarta, Pekanbaru dan Banjarmasin), Bemo (beberapa kota di Indonesia), Angguna (Surabaya) dan Bis kota/Metromini. Mikrolet, Bis Kota dan Bemo adalah kendaraan umum dimana rute trayeknya telah diatur oleh pemerintah daerah. Angguna adalah angkutan umum bebas mirip Taksi (untuk pribadi) dimana besaran harganya biasanya tergantung tawar-menawar antara konsumen dan pengendara/sopir yang biasanya adalah pemilik armada (sama dengan tukang becak). Sewa Mobil Murah di Surabaya berada di level taksi pula kenyamanannya, hanya saja Harga Sewa Mobil Surabaya dihitung berdasarkan satuan hari atau perdua belas jam. Sedangkan Taksi adalah Kendaraan umum lepas (pribadi) yang meski berbeda, terdapat satuan harga yang dipatok oleh penyedia layanan (perusahaan) atau pemerintah setempat. Besaran harga pada Taksi diukur menggunakan satuan buka pintu, perkilometer (saat jalan) atau perjam (bila menunggu).

Salah satu jenis armada taksi di Rusia. Image: wiki commons

Salah satu jenis armada taksi di Rusia. Image: wiki commons

Di masa yang lalu, kita pernah menjumpai adanya berita “Argo Kuda” oleh beberapa perusahaan pemilik Taksi yang nakal. Tentang adanya perbedaan standar perhitungan perusahaan Taksi dengan standar yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Setelah dicek, ternyata segel yang digunakan untuk taksi tersebut berbeda dengan segel standar. Jadi, pastinya perhitungannya juga diselewengkan dan dibuat berbeda. Hal ini jelas-jelas merugikan konsumen sebagai pengguna Taksi. Sementara pemeriksaan atau razia mendadak kepada pemilik/armada Taksi bermasalah biasanya diadakan setelah ada beberapa keluhan dari pengguna Taksi. Selain modus “Argo Kuda” ini, ada modus lain yang diterapkan oleh sopir untuk penggunanya, yaitu jalan memutar-mutar atau bego pura-pura tidak tahu jalan.

Salah satu contoh Argo (pencatat hitungan harga) Taksi. Image: tribunnews

Meski sejatinya setiap angkutan/moda transportasi umum mempunyai ciri khasnya sendiri dan saling melengkapi, tentunya berita-berita negatif semacam ini membuat kapok beberapa penumpang yang tadinya loyal terhadap satu jenis kendaraan umum tertentu. Beberapa orang luar kota akhirnya berpikir ulang dengan menyewa mobil bila bepergian di kota tertentu daripada menggunakan Taksi. Seperti beberapa waktu ini Rental Mobil Murah Surabaya kebanjiran order hingga habis dipesan. Bila dipikir, mungkin memang lebih menguntungkan menggunakan jasa rental seperti Rental Mobil Surabaya yang memberikan satuan per 12 jam atau perhari ketimbang perkilometer. Apalagi bila tujuannya belum kita ketahui, baik dalam maupun luar kota. Selain itu, biasanya lebih muat banyak dari segi orang atau barang.

 

Hanya saja, memang semuanya kembali ke kebutuhan pelanggan tersebut. Karena bila jarak tempuh pendek dan dapat ditempuh selama seperempat jam mungkin akan rugi untuk membuat keputusan menyewa mobil 🙂 Rental Mobil Avanza di Surabaya sendiri berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik yang bisa diberikan oleh sebuah rental mobil. Dengan menjaga kualitas, tentunya pengguna akan berpikir dua kali untuk “pindah ke lain hati”. Sewa Mobil Murah di Surabaya berupaya mengumpulkan testimoni sebagai rental mobil terbaik yang pernah digunakan jasanya. Tentunya, Sewa Mobil Pregio di Surabaya juga menerapkan banyak hal untuk dapat mempertahankan kesan positif yang didapat dari pelanggan. Mungkin ada pertanyaan, mengapa juga sampai “pindah ke lain hati”? Karena seperti usaha atau produk yang lain, Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya juga mempunyai kompetitor. Hanya mereka yang berniat melayani tulus ikhlas yang akan bertahan. Meski, ketulusan juga tak selalu berbalas positif dengan adanya konsumen yang bersikap kurang ajar, sama halnya dengan konsumen Taksi tersebut.

Sebagai penutup, berikut ini adalah salah satu artikel yang berhubungan dengan Taksi, argo dan cara penanggulangannya:
http://www.grandmashotels.com/news/2013/06/trik-mengatasi-penipuan-supir-taksi-nakal/